Senin, 26 November 2012

Memotivasi diri sendiri

Diposting oleh Unknown di 03.03


Terkadang kita merasa kesulitan untuk mencapai tujuan hidup, bahkan saat kita tahu tujuan itu sangat berharga. Mungkin  kita sudah mencoba mendorong diri sendiri untuk maju dengan segala daya upaya, tetapi tetap belum tercapai. Oleh karena itu, kita membutuhkan motivasi dari diri sendiri agar tidak kehabisan energi dan akan merasa menikmati kehidupan dengan lebih baik lagi.
Berikut adalah cara yang untuk memotivasi diri sendiri:
·      Melaukukan hal yang disukai
Jika kita bisa memilih hal-hal yang akan dilakukan, pilihlah sesuatu yang akan kita sukai dan nikmati. Saat mengerjakan pekerjaan yang kita benci, kita tidak bisa mengendalikan pekerjaan tersebut.
·      Bangga dengan diri
Sebagian kegiatan mungkin terlihat sia-sia. Mungkin hanya satu bagian kecil dalam pekerjaan yang besar dan sulit bagi orang untuk mengetahui apakah hasil kerja kita signifikan atau tidak. Namun, kenyataannya hal itu yang membuat perbedaan.
Lebih mudah untuk memotivasi diri sendiri saat kita bangga dengan apa yang kita kerjakan dan melakukannya dengan kemampuan terbaik. Kita bisa secara sadar memutuskan untuk melakukan yang terbaik.
·      Fokus pada hasil
Dalam dunia yang ideal, setiap pekerjaan adalah imbalan itu sendiri. Tentu saja, hal itu tidak selalu terjadi. Kita mungkin memiliki banyak sekali pekerjaan kurang menarik atau mengasyikkan tetapi kita menginginkan untuk tetap melakukannya karena pekerjaan-pekerjaan itulah yang akan membawa kita lebih dekat dengan tujuan kita. Mencoba berfokus pada hasil akan membuat kita lebih bersemangat.
·      Tidak bergantung pada imbalan
Sebagian orang memotivasi diri dengan imbalan. Hal tersebut bisa membantu jika kita harus mendorong diri untuk menyelesaikan tugas tetapi jika melakukannya terlalu sering, maka akan bergantung pada imbalan daripada motivasi alami. Oleh karena itu, berpikirlah tentang imbalan yang ada dalam pekerjaan itu sendiri.
·      Pelajari sesuatu yang baru
Kita semua adalah pelajar alami yang membuat manusia bertahan hidup. “Belajar” bukan sesuatu yang dilakukan saat kecil tetapi yang selalu kita lakukan sepanjang hayat. Jika ada area spesifik dalam kehidupan yang membuat kita kurang termotivasi, itu lebih karena kita tidak percaya diri dalam melakukannya. Bersabarlah dalam belajar dan itu bisa membuat mtovasi lebih tinggi.
·      Jaga konsentrasi
Kita mungkin termotivasi memulai pekerjaan baru tetapi jika perhatian buyar, kita akan berjuang untuk menjaga keberadaan motivasi itu. Setiap beralih ke hal lain, kita sedang mengganggu konsentrasi diri sendiri. Jika terus menunda untuk memulai, itu akan memberi kesan bahwa hal itu akan membayangi kita selamanya.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kecerdesan Emosi dan Motivasi Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea